GRATIS JADI MEMBER di BisnisCemerlang.Com

Kali ini Anda tidak memerlukan biaya untuk menjadi member kami.

Cukup lakukan pendaftaran dan konfirmasikan kepada kami melalui SMS, Anda sudah bisa login sebagai member kami.

Yang jelas, kesempatan ini tidak akan datang 2 kali...

Jadi, silakan buat Username dan Password Anda sekarang juga..Klik di sini!!

Sukses Bisnis bukan Tentang Apa yang Anda Lakukan

Ketika suatu saat Anda ingin menjamu orang yang sangat penting bagi Anda, apakah itu rekan bisnis atau teman lama atau customer Anda, restoran mana kira - kira yang akan anda pilih? Hampir dapat dipastikan anda akan memilih restoran yang terbaik bukan? Restoran yang berkelas, yang menyediakan makanan enak dengan suasana yang menyenangkan.

Dan yang hampir pasti anda tidak akan memilih Mc Donald untuk kepentingan Anda tersebut, karena Anda menganggap bahwa restoran yang terbaik itu jauh lebih baik makanannya ketimbang mc Donald. Di mc donald hanya ada ayam goreng biasa saja, seperti ayam goreng di restoran siap saji yang lain, tidak ada istimewanya, burgernya yang segede mangkok, kurang cocok untuk orang penting yang akan kita jamu.

Kalau kita perhatikan mengapa banyak restoran yang kita anggap istimewa di masa lalu sekarang banyak yang tidak kita lihat lagi keberadaanya? Mengapa diantaranya banyak yang gulung tikar sedangkan mc Donald yang sejak dulu kita kenal, yang makanannya biasa-biasa saja itu masih terus mencetak uang bermilyar-milyar jumlahnya sampai hari ini. Saya punya teman salah satu pemasok ayam di salah satu gerai mc Donald yang buka 24 jam, dia mengatakan penjualan gerai itu saja memerlukan ribuan ekor ayam setiap harinya!

Banyak orang menganggap bahwa sukses bisnis sangat tergantung dari produk apa yang kita jual ke pasar, mereka menganggap bahwa semakin unik ide kita maka semakin besar peluang untuk sukses. Sehingga apa yang banyak dilakukan orang adalah mencari ide bagus, ide cemerlang, sesuatu yang belum ada di pasar, produk yang benar - benar unik.

Banyak orang yang terjebak dalam ide yang mereka kembangkan sendiri. Seseorang dengan idenya ibarat seorang ibu dengan bayinya, mereka sangat mencintainya dan selalu menganggap ide mereka adalah ide terbaik. Mereka menganggap bahwa ide tersebut yang akan mengantarkannya kepada sukses dalam berbisnis.

Kenyataannya tidak semua ide bagus mengantarkan kita pada sukses bisnis, bahkan dalam banyak kasus ide bagus membuat kita berdarah-darah, meluncurkan produk yang sama sekali belum dikenal pasar membutuhkan ekstra tenaga yang luar biasa. Pasar yang belum siap akan menjadi persoalan besar untuk kelangsungan bisnis kita.

Apapun bisnis yang dijalankan, ada yang berhasil berkembang dengan baik dan ada yang mati di tengah jalan, ada yang menghasilkan uang buat kita dan ada yang justru menghabiskan uang kita.
Kita lihat berapa banyak restauran padang yang ada di sekitar kita, berapa banyak warung tegal yang ada di sekitar kita, berapa banyak perusahaan yang menjual kacang tanah, menjual kripik, menjual air minum? mereka bukan pemain tunggal, dan yang pasti mereka tidak mengandalkan ide bagus sebagai produknya.

Namun mengapa banyak diantara mereka yang berguguran? Atau mungkin diantara mereka ada yang berguguran karena produknya yang jelek? Mengapa diantara mereka banyak yang berhasil? Kunci sukses dalam bisnis tidak tergantung dari "apa yang anda lakukan", tetapi sangat tergantung dari "bagaimana anda melakukannya".

Kalau anda akan memulai bisnis, ambilah salah satu produk yang anda kenal dengan baik, produk yang benar-benar diinginkan oleh pasar, produk yang jelas-jelas akan dibeli oleh customer, yang sudah ada pasarnya, yang pasarnya sedang berkembang, bangunlah keunggulan dengan cara "bagaimana anda melakukannya"

Pelajarilah bagaimana pemain bisnis sukses dalam menjalankan bisnisnya, bagaimana cara mereka memperlakukan pelanggannya, bagaimana cara mereka melakukan pemasaran, bagaimana mereka berhubungan dengan suppliernya, bagaimana cara mereka merekrut dan memilih team mereka, bagaimana mereka membangun corporate culture, itulah yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. *)

By Ir. H. Heppy Trenggono, MKomp.
http://www.republika.co.id

Comments :

3 komentar to “Sukses Bisnis bukan Tentang Apa yang Anda Lakukan”
Bang Ancis mengatakan...
on 

Thanks Ulasannya....
ternyata begitu susah ya berbisnis....

NURA mengatakan...
on 

salam sobat
mungkin juga bisnis dilakukan dengan modal kejujuran dan keramahan pembisnis, selain modal yang cukup...makanya bisnisnya sukses.

mbah cyber mengatakan...
on 

Salam kenal,
Wah artikel yg menarik, usaha sangat diperlukan juga plus doa yang tiada henti begitu kira2 pesan mbah

Posting Komentar

 

Follow Up

Hot News From Blog BisnisCemerlang.Com